Jumat, 08 Juni 2012

Berita Politik Humaniora Ekonomi Hiburan Olahraga Lifestyle Wisata Kesehatan Tekno Media Muda Green Lipsus Fiksiana Freez Home Kesehatan Medis Artikel Medis Chris H TERVERIFIKASI Jadikan Teman | Kirim Pesan Pecinta musik dan seorang blogger 0inShare Share Awas, Tipus Menyerang!

Jadi pertama tama, apa sih tipus itu?

Tipus merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang usus halus yang sering menyerang plague peyeri, di mana tipus disebabkan oleh bakteri salmonella typhi, bakteri berbentuk batang yang hanya menyerang manusia. Tipus bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak anak sampai orang dewasa dan juga orang yang sudah lanjut usia, baik laki laki atau pun wanita. Dan parahnya, tipus dapat menyerang berkali kali. Sering kali gejala yang di timbulkan oleh tipus mirip dengan gejala demam berdarah. Ini dikarenakan gejala awal antara tipus dan demam berdarah mirip, yaitu demam tinggi dan efek analgesik.

Berikut gejala gejala tipus yang patut kita waspadai :

1.       Di tahap awal, demam tidak terlalu tinggi dan suhu badan akan meningkat sampai 38 derajat celcius

2.       Di malam hari suhu akan meningkat dan turun di pagi hari, hal ini lah yang membedakan antara tipus dan demam berdarah.

3.       Nyeri perut dan diare

4.       Batuk dan sakit tenggorokan

Jika anda menderita tipus dan tidak segera ditangani, maka tipus dapat berakibat fatal dan meyebabkan pendarahan usus bahkan usus bisa menjadi sobek. Komplikasi pada peredaran darah pun bisa terjadi beserta gangguan paru, ginjal, hepar dan sistem kesadaran. Tipus tergolong sebagai penyakit menular karena bakteri salmonella sangat mudah terbawa melalui sentuhan, makanan, lalat dan lain lain.

Umumnya penderita tipus di rawat di rumah sakit supaya dapat diisolasi dan tidak menularkan penyakitnya. Penderita tipus diwajibkan untuk bed rest atau istirahat di tempat tidur minimal 7 hari, hal ini dilakukan dengan tujuan mencegah terjadinya komplikasi pada usus dan mempercepat kesembuhan luka pada usus.  Pengaturan pola makan dan jenisnya sangat di ajurkan pada penderita tipus, di mana penderita ini harusnya mengkonsumsi makanan lunak, menghindari makanan pedas, asam, terlalu manis, terlalu asin dan segala jenis makanan yang mempunyai dan mengakibatkan efek panas.

Dalam proses perawatan dan pengobatan, pemberian suplemen yang tepat sangat di anjurkan, demikian dalam proses pemulihan kondisi tubuh yang mana terbilang cukup lama, yaitu 1-3 bulan. Jadi bagi anda penderita tipus, perbanyak waktu istirahat anda dan konsumsilah cukup nutrisi untuk tubuh anda. Jika anda merasa nutrisi yang anda dapatkan dari makanan sehari hari kurang, maka anda dapat mulai mengkonsumsi nutrisi tambahan secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar